Hidrogen klorida (HCl)

Distributor Bahan Kimia Industri

Hidrogen klorida (HCl)

Hidrogen klorida (HCl) adalah asam kuat, dan merupakan komponen utama dalam asam lambung. Senyawa ini juga digunakan secara luas dalam industri. Asam klorida harus ditangani dengan mewanti keselamatan yang tepat karena merupakan cairan yang sangat korosif. Asam klorida diproduksi dalam bentuk larutan 38% HCl (pekat). Konsentrasi yang lebih besar daripada 40% dimungkinkan secara kimiawi, namun laju penguapan sangatlah tinggi, sehingga penyimpanan dan penanganannya harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, misalnya dalam suhu dan tekanan rendah. Konsentrasi HCl yang paling optimal untuk transportasi dengan meminimalisasi kehilangan produk karena penguapan adalah 30% sampai dengan 34%. Konsentrasi yang lebih tinggi memerlukan penambahan tekanan dan pendinginan untuk mengurangi kehilangan akibat penguapan. Di PT. Mulia Agung Chemindo, larutan antara 20% hingga 32% dijual sebagai asam muriatat. Kandungan asam klorida pada kebanyakan cairan pembersih umumnya berkisar antara 10% sampai dengan 12%. Cairan pembersih tersebut harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Asam klorida adalah sistem asam berbasis klor yang paling sederhana yang mengandung air. Ini adalah solusi hidrogen klorida dan air , dan berbagai spesies kimia lainnya, termasuk ion hidronium dan klorida. Ini adalah komponen alami asam lambung yang diproduksi dalam sistem pencernaan sebagian besar spesies hewan, termasuk manusia. Asam klorida juga digunakan pereaksi kimia penting dan bahan kimia industri, yang digunakan dalam produksi polivinil klorida untuk plastik. 

Di rumah tangga, asam hidroklorat encer sering digunakan sebagai agen kerak . Dalam industri makanan , asam klorida digunakan sebagai aditif makanan dan dalam produksi gelatin . Asam klorida juga digunakan dalam pemrosesan kulit. Dari enam asam mineral kuat umum dalam kimia, asam klorida adalah asam monoprotik yang paling tidak mungkin mengalami reaksi oksidasi-reduksi yang mengganggu. Ini adalah salah satu asam kuat paling tidak berbahaya untuk ditangani; meskipun keasamannya, ia terdiri dari ion klorida yang tidak reaktif dan tidak beracun. Larutan asam klorida berkekuatan sedang cukup stabil pada penyimpanan, menjaga konsentrasi mereka dari waktu ke waktu. 

Atribut-atribut ini, ditambah fakta bahwa ia tersedia sebagai pereaksi murni, menjadikan asam klorida sebagai pereaksi pengasaman yang sangat baik. Asam klorida adalah asam yang disukai dalam titrasi untuk menentukan jumlah basa . Titran asam kuat memberikan hasil yang lebih tepat karena titik akhir yang lebih berbeda. Asam hidroklorat Azeotropic , atau “mendidih konstan” (kira-kira 20,2%) dapat digunakan sebagai standar utama dalam analisis kuantitatif , meskipun konsentrasi pastinya tergantung pada tekanan atmosfer ketika disiapkan. Asam klorida sering digunakan dalam analisis kimia untuk menyiapkan (“mencerna”) sampel untuk analisis. Asam klorida pekat melarutkan banyak logam dan membentuk klorida logam teroksidasi dan gas hidrogen. Ini juga bereaksi dengan senyawa dasar seperti kalsium karbonat atau tembaga (II) oksida , membentuk klorida terlarut yang dapat dianalisis.

 Asam Klorida hidrogen klorida
Asam Klorida hidrogen klorida

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_klorida

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Hallo!!
Ada yang bisa kami bantu?